Kopi Inspirasi: Blogger Dinodai SMS Indikasi Penipuan

CSS Button Cursor Css3Menu.com

Blogger Dinodai SMS Indikasi Penipuan

Blogger, sarana menuangkan ide kreatif bagi pengguna internet, tempat berbagi informasi dan tulisan. Layanan ini disediakan secara gratis oleh google, walaupun gratis tapi fasilitas dan tampilan template tidak murahan dan begitu meyakinkan, karena selalu di kembangkan oleh pihak google demi kenyamanan dan memanjakan penggunanya.

Sayangnya, justru karena layanan gratis tetapi memiliki tampilan yang menarik dan meyakinkan, hal itu dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Blog Blogger yang begitu bergengsi jadi ternoda karena digunakan untuk menulis konten yang berindikasi penipuan. Blog Blogger digunakan sebagai embel-embel situs resmi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Modus yang mereka gunakan adalah dengan cara mengirim Short Message Service (SMS) ke ponsel target, biasanya dengan kata-kata “memenangkan undian di sebuah bank, jual murah smart phone dan gadget lainnya”. Untuk meyakinkan calon korban, mereka menyarankan untuk membuka website atau blog yang mereka klaim sebagai situs resmi. Sebenarnya indikasi penipuan modus SMS sudah lama beredar, tapi yang menyertakan website resmi dengan memanfaatkan fasilitas layanan gratis blogger dari google baru sekarang ini terjadi.

Dari pengalaman pribadi penulis, biasanya SMS spam yang masuk pasti diabaikan, tapi pada suatu waktu sering juga iseng membaca habis SMS tersebut, yang membuat penulis tergelitik adalah rujukan situs resminya menggunakan blog blogger “indikasi_penipuan.blogspot.com”. Karena rasa penasaran penulis browsing keblog tersebut, mencoba analisa dari sisi teknis dan psikis. Hasil analisa 99,9% terindikasi penipuan yang  target utamanya orang yang tinggal didaerah, petani dan pedagang yang cenderung  belum mengenal teknologi internet (gaptek). Mengapa?, karena yang digunakan adalah undian dari sebuah bank yang akrab melayani kalangan tersebut, siapa yang tidak tergiur menang undian mobil, motor atau uang banyak, setelah dibuka website rujukannya ternyata memang ada informasi yang dibuat begitu meyakinkan.

Pengiriman ratusan SMS kepengguna handphone target nomor acak, adalah dengan cara kolektif menggunakan perangkat sejenis server. Pasti ada saja yang terkena dan yakin dengan SMS indikasi penipuan tersebut, apa lagi dengan dukungan website resmi yang memberikan informasi detail . Bagi pembaca yang menerima SMS spam semacam ini, abaikan saja. Sebar informasi ini kepada sanak saudara yang belum familiar dengan teknologi internet.

Model-model SMS spam indikasi penipuan: menawarkan gadget dengan harga murah dan tidak masuk akal, mama/papa minta pulsa, minta transfer sejumlah uang, menang undian dari sebuah bank. Khusus SMS spam jual gadget murah dan menang undian, mencantumkan website resmi dari blog blogger layanan gratis dari google (contoh: indikasi_penipuan.blogspot.com). Untuk informasi tambahan, kalau memang benar sebuah bank ada program undian, tidak mungkin menyampaikan informasi menggunakan layanan website atau blog gratisan.

Tetap waspada sahabat, dijaman serba materialis dan hedonis yang disebar kaum imperialis sekarang ini, orang tidak malu-malu lagi untuk menipu, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, modus penipuan begitu mudah disetting meyakinkan calon korban dengan sedikit  trik skenario bak sinetron televisi, bersandiwara dengan keributan, berurai air mata, untuk sebuah ketenaran dan mengelabui masyarakat itu biasa, seperti berita yang masih hangat diinfotainmen, kasus Vicky dan beberapa selebritis televisi tanah air.

Untuk melihat contoh Blog indikasi penipuan undian hadiah, mengatas namakan sebuah bank: Klik Disini.

No comments:

Post a Comment