Kopi Inspirasi: Membuat Dan Menampilkan Sitemap Website

CSS Button Cursor Css3Menu.com

Membuat Dan Menampilkan Sitemap Website

Sebuah website ibarat majalah atau buku bacaan, idealnya harus mempunyai halaman sitemap (daftar isi), kalau tidak ada halaman yang satu ini rasanya ada yang kurang bagi pengunjung yang menjelajah situs kita. Disamping sebagai daftar isi (Table of Contents) yang berfungsi sebagai alat navigasi bagi pengunjung, guna melihat seluruh isi konten atau artikel website.
Tidak kalah pentingnya bagi search engine berfungsi sebagai alat pelacak untuk mempermudah pemetaan isi website/blog, sehingga semua isi konten bisa terindex oleh mesin pencari seperti google, yahoo dan bing. Tentunya, ini sangat membantu pengunjung agar tidak tersesat saat berselancar disitus kita, dan bagi pemilik website/blog juga diuntungkan untuk meningkatkan jumlah page view.

Tutorial ini sebenarnya tersedia lengkap di google, tapi mungkin karena bahasa yang disampaikan cenderung rumit dan banyak tautan link, kadang membuat kita tersesat dari tujuan sebenarnya, alih-alih mau mencari cara membuat sesuatu, malahan menghabiskan banyak waktu dan puyeng yang didapat. Oke sahabat langsung kita praktek.   

Cara Membuat dan Menampilkan Sitemap di Website:
  • Bagi pengguna website/blog diluar blogger, gunakan program sitemap generator dibawah ini (gratis daftar) untuk mendapatkan semua isi konten situs dalam bentuk file “sitemap.xml” dan “sitemap.html”. File sitemap.xml gunanya untuk didaftarkan pada account Google Webmaster agar bisa dilacak oleh search engine, file sitemap.html digunakan sebagai halaman daftar isi untuk ditampilkan pada website/blog.


  • Download file dengan titel xml dan html yang dihasilkan dari sitemap generator, kemudian upload ke folder root domain situs kamu (buka account cPanel domain), setelah diupload tes sitemap.xml dengan cara browsing ( jalankan www.domainkamu.com/sitemap.xml ) jika berhasil, akan tampil semua isi konten website dalam bentuk bahasa mesin. Lakukan hal yang sama dengan sitemap.html (www.domainkamu.id/sitemap.html) akan tampil halaman sempurna bentuk daftar isi dari website.
  • Daftarkan file sitemap.xml ke Google Webmaster, buka account Google Webmaster, gunakan email “gmail.com” untuk masuk, daftar dan veryfikasi website kamu, kemudian jika sudah terdaftar di Google Webmaster, klik nama situs, klik “perayapan” disebelah kiri halaman, klik peta situs, klik “tambahkan/uji peta situs”, masukkan (tulis) sitemap.xml, klik mengirim peta situs. Beres, semua isi konten website anda siap dilacak oleh mesin pencari dalam waktu +- 24-48 jam.    
  • Untuk menampilkan halaman daftar isi (Table of Contents), tinggal buat halaman baru di website kamu, beri judul yang disuka dan tautkan url “www.domainkamu.id/sitemap.html”).

Mendaftarkan Sitemap Blog Blogger/Blogspot ke Google Webmaster: 

Bagi pengguna blog diblogger tidak perlu pakai sitemap generator untuk membuat sitemap, karena disitu sudah tersedia sitemap default yaitu feeds atom

Coba browsing: http://blog-kamu.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Ini untuk feed atom.xml-nya: http://blog-kamu.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Nah, bagian yang berwarna coklat itu adalah sitemap yang akan didaftarkan ke Google Webmaster. Masuk ke account Google Webmaster, lakukan langkah-langkah yang sama seperti diatas. Untuk hasil maksimal kirim kedua sitemap (bagian warna coklat) ke account Google Webmaster kamu. 

Menampilkan Daftar Isi di Blog Blogger:
  • Buat sebuah halaman baru, sebaiknya halaman statis (static page)Masuk akun blogger, klik: Dashboard > New Page > Create New Page
  • Beri judul yang kamu inginkan, misal: Daftar Isi, Table of Contents, Sitemap Blog, dsb.
  • Pada bagian kiri atas  kotak posting klik "Edit HTML".
Masukkan script berikut:
<script src="http://yourjavascript.com/18113981113/bukarahasiablog-toc.js"></script> <script src="http://blog-kamu.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"> </script>
Ganti http://blog-kamu.blogspot.com dengan url blog punya kamu.
  • Jika ingin melihat hasilnya klik preview/pratinjau.
  • Kalu sudah yakin, klik publish.
  • Pasang halaman pada menu navigasi, atau ditempat yang diinginkan.
*Notes: Semua artikel harus ada label artikel, karena daftar isi yang tampil berdasarkan nama label.

Selesai sahabat, selamat berkreasi semoga berhasil dan manfaat.

No comments:

Post a Comment